Rangkaian Lampu Indikator Bunyi Telephone

Rangkaian lampu sirine sebagai indikator bunyi telephone -
Assalamualaikum .. kali ini saya kan membagikan Sebuah Rangkaian Lampu Indikator Bunyi Telephone.


Prinsip kerja Rangkaian lampu sirine sebagai indikator bunyi telephone ini adalah ketika ada signal telephone yang masuk, akan menyalakan lampu sirine sehingga meskipun suara dering telephone tidak terdengar, para pekerja bisa melihat lampu yang menyala sebagai indikator adanya panggilan telephone yang masuk.

Berikut salah satu rangkaian dasar indikator lampu telephone tersebut:

 rangkaian lampu indikator bunyi telephone
Nilai komponen:
C1 = 105nF/250V
C2 = 47uF/50V
D1,2,3 = IN4002
R1,2 = 5K6 ohm
R3,4 = 4K7 ohm
Q1,2 = BC 547 / 9014

Cara kerja rangkaian lampu sirine sebagai indikator bunyi telephone seperti gambar diatas adalah sebagai berikut:
  • Ketika ada sinyal telephone yang masuk (klo ga salah sekitar 90VAC) akan dilewatkan oleh kapasitor C1 dan disearahkan oleh Didoda D1 dan D2.
  • Tegangan ini akan membuat Transistor Q1 sebagai switching transistor seolah-olah "short" sehingga tegangan Vcc akan mengalir ke R4.
  • Adanya tegangan pada R4 (VR4) akan menghidupkan switching transistor Q2 sebagai Relay driver, sehingga Relay akan mengubah kedudukan "anak-anak" switchnya dari Normal Open (NO) menjadi Close dan sebaliknya.
  • Switch dari relay inilah yang nantinya dapat kita gunakan untuk menghidupkan lampu sirine sebagai indikator bunyi telephone.
Demikianlah rangkaian dasar indikator bunyi telephone menggunakan lampu sirine tersebut, semoga Bermanfaatt wassalamualaikum Wr,Wb

Terima kasih telah membaca artikel tentang Rangkaian Lampu Indikator Bunyi Telephone di blog Kuya028 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :