JARINGAN

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih dari komputer yang saling berhubungan dan saling bekerjasana satu sama lain. Produkti_tas dan e_siensi merupakan bentuk keuntungan yang kita dapat dari jaringan komputer. Tujuan dari jaringan komputer antara lain:
•    Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
•    Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
•    Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Jaringan komputer diklasikasikan kedalam beberapa cara, antara lain:

1.    Berdasarkan Skala
•    Local Area Network (LAN)
{ biasa digunakan pada skala kecil sekelas rumahan, kantor, pertokoan dll.
{ menggunakan ethernet 10/100/1000 Mbps.

•    Metropolitant Area Network (MAN)
{ mencakup area yang lebih luas (perkotaan)
{ menggunakan interkoneksi yang lebih baik. Gigabit ethernet, atau beroptik.

•    Wide Area Network (WAN)
{ area yang ditangani sangat luas (negara)
{ menggunakan media beroptik atau satelit.

2. Berdasarkan Fungsi
2.1 Client-Server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Sedangkan yang lain bertindak sebagai client yang menggunakan layanan server. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.google.com yang diakses oleh banyak komputer.

2.2 Peer-to-Peer
Yaitu bentuk jaringan dimana semua komputer berkedudukan sama. bisa sebagai server sekaligus sebagai klien. Ini adalah kebalikan dari yang diatas.

3.    Berdasarkan Topologi
Arsitektur Fisik jaringan biasa disebut sebagai topologi, yang merupakan suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Yang saat ini banyak digunakan adalah bus, ring, star, mesh. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

3.1 Topologi Bus
Semua komputer saling terhubung melewati sebuah jalur utama (bus). Kerusakan jalur utama akan merusak semua jaringan.

3.2 Topologi Ring
Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.

3.3 Topologi Star
Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

4. Perangkat Jaringan

4.1 Network Interface Card (NIC)
Merupakan suatu card yang terdapat di komputer yang berguna untuk menghubungkan dengan komputer lain. Pada komputer biasanya ada slot (tempat menancap card) yang disebut expansion slot. Slot ini saat membeli komputer baru banyak yang kosong. Yang biasa terpasang adalah untuk menancapkan VGA Card untuk menghubungkan antara CPU dan monitor. Dan salah satu dari slot itu bisa dipakai untuk menancapkan NIC Card supaya bisa komputer kita bisa terhubung dengan jaringan. Kadang-kadang sekarang NIC Card sudah termasuk dalam fasilitas Motherboard kita (onboard) sehingga kita tidak perlu lagi susah-susah memasangnya.

Ada beberapa tipe antara lain yaitu ISA, PCI dan USB. Slot PCI lebih pendek dari ISA tapi meskipun lebih pendek mendukung kecepatan I/O yang lebih cepat. Dari sisi protokol, yang paling banyak dipakai adalah ethernet dan fast ethernet. Ada beberapa protokol lain, tapi kurang populer yaitu Token Ring, FDDI dan ATM (dua protokol terakhir dipakai untuk jaringan besar). Ethernet mendukung kecepatan transfer 10/100 Mbps bahkan ada yang sudah 1 Giga bps. Untuk Laptop dikenal PCMCIA Card, mirip kartu kredit sedikit tebal. Disinilah terdapat MAC (Media Access Control) address yang unik untuk setiap NIC.

4.2 Kabel
1. UTP (Unshielded Twisted Pair)
Kabel paling murah berbentuk mirip kabel telepon, terdiri dari 4 pasang kabel. ter-
dapat 2 cara kon_gurasi kabel ini.
•    Cross, digunakan apabila 2 buah komputer ingin berhubungan langsung tanpa melalui switch.
•    Straight, digunakan untuk koneksi 2 buah komputer atau lebih dengan memakai sambungan hub/switch.

2. Coaxial
Mirip dengan kabel televisi, dulu banyak digunakan, tapi sekarang jarang sekali digu-
nakan. karena tidak luwes dan kecepatannya yang rendah.
Gambar 7: Kabel Coaxial

3. Fiber Optik
Menggunakan cahaya sebagai media tranfer sehingga sangat cepat dan tangguh. tapi
hal itu harus di bayar dengan harga yang tidak murah. Kabel ini sangat sensitif (tidak
dapat di tekuk) terdiri dari beberapa core yang dibalut hingga 4-5 lapisan sebagai
pelindung.

4.3 Hub, Switch atau Router
Hub dan switch adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik
(dalam hal ini komputer yang sudah memasang NIC Card) bergabung menjadi satu jaringan
dengan memakai kabel yang ada.

Sedangkan router adalah peralatan yang menghubungkan jaringan satu ke jaringan lain-
nya. router dapat berupa peralatan khusus (dedicated), maupun PC biasa yang difungsikan
sebagai router.
Terima kasih telah membaca artikel tentang JARINGAN di blog Kuya028 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :